HomeProfil AnggotaDodi Reza Alex Noerdin

Dodi Reza Alex Noerdin

DODI REZA ALEX NOERDIN

Informasi Jabatan
Partai Golkar
Dapil Sumatera Selatan I
Komisi VI – Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional
Informasi pribadi
Tempat Lahir
Tanggal Lahir 01/11/1970
Alamat Rumah Jl. Martimbang II No.5 Rt 006 Rw 005, Gunung, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Latar Belakang

Dodi Reza Alex Noerdin terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya (Golkar) mewakili Dapil Sumatera Selatan I setelah memperoleh 203.246 suara. Dodi adalah putra dari Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Sejak masih muda, putra Alex Noerdin, ini telah menunjukkan banyak prestasi. Saat SMA, ia berhasil mendapat beasiswa dari Depdikbud RI untuk mengikuti Program Pertukaran Pemuda Antarnegara ke Kanada. Ia meraih Sarjana Ekonomi di Belgia dengan predikat Grande Distinction atau High Honor, dan skripsinya juga meraih Banque Bruxelles Lambert Prize Award sebagai karya skripsi terbaik se-Belgia. Pada jenjang S2, ia kembali mengukir prestasi saat lulus dengan predikat magna cum laude. Tidak mengejutkan ketika kemudian ia mendapat beasiswa fellowship di Institute of Technology (MIT) pada tahun 2010.

Pada tahun 2010 dan 2011, ia menjadi delegasi Indonesia dalam WTO Third Country Training Programme di Singapura. Dodi Reza juga pernah berpartisipasi dalam Forum 100 Kepemimpinan Asia di Filipina tahun 2008. Ayah dari putri kembar bernama Aletta dan Atalie ini pernah pula menduduki pos jabatan Ketua Umum Pengprov PERBASI, Ketua Umum Perbasasi (Softball), Wakil Ketua Umum dan Anggota Majelis Sabuk Hitam INKAI, Pembina Skyland Motor Sport Sumsel, Presiden Sriwijaya Football Club (SFC), dan komisioner Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mewakili klub sepakbola se-Indonesia.

Dodi Reza juga adalah Ketua Komite Tetap Kerja Sama Ekonomi Regional KADIN Pusat yang juga merupakan Presiden Sriwijaya FC Palembang pada tahun 2011.

Pada periode 2014-2019 Dodi Reza menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, investasi dan BUMN.

Pendidikan

1977-1983 SD NEGERI INDONESIA AND CANADA
1983-1986 SMP INDONESIA AND CANADA
1986-1990 SMA INDONESIA AND CANADA
S-1 University of Leuven
S-2 Libre De Brussel Belgia (1997)
S-3 SLOAN SCHOOL OF MANAGEMENT, CAMBRIDGE,MA (USA) (2010)

Perjalanan Politik

Anggota DPR RI FPGolkar Komisi 6 (2009-sekarang)
2009-2015 DPP PARTAI GOLKAR, WASEKJEN
2010-2011, BMK KOSGORO, BENDAHARA UMUM

Visi & Misi

  1. Mengutamakan pembinaan generasi muda melalui bidang agama, sosial dan kewirausahaan serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan UMKM.
  2. Memantau dan mengawal Program Berobat Gratis, Sekolah Gratis, dan segera terwujudnya Kuliah Gratis pada 2015 untuk warga SUMSEL, dan mendorong untuk bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia (dari SUMSEL untuk Indonesia).
  3. Mendorong pembangunan infrastruktur di bidang perekonomian, pertanian, perkebunan, kelautan, perhubungan, dan pertambangan, tanpa melupakan aspek pelestarian lingkungan hidup dan sosial. 
  4. Mendorong pihak asing untuk berinvestasi di SUMSEL, dalam hal produksi dan pengolahan hasil bumi, pertambangan, perkebunan, serta pendanaan pembangunan infrastruktur.
  5. Membangun pembangunan sarana keagamaan, kesehatan, dan pendidikan yang berkualitas.
  6. Mendorong terwujudnya kebijakan dalam penyediaan bibit yang berkualitas dan penyebaran bantuan pupuk secara merata , untuk para petani.
  7. Mendorong segera terwujudnya: Kebun Raya SUMSEL, Pelabuhan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api, rel ganda kereta api, Jalan Tol Lintas Sumatera, Jalur Kereta Api Trans Sumatera, serta Jembatan Musi IV.
  8. Menjadi wakil rakyat SUMSEL yang mampu memperjuangkan kepentingan dan keinginan masyarakat, serta selalu berkomunikasi dengan masyarakat.
  9. Berkontribusi bagi kemakmuran NKRI secara luas.

Sikap Politik

RUU KPK 2015

Pada 6 Oktober 2015, Dodi Noerdin mengusulkan penggunaan hak inisiatif DPR RI atas perubahan pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dimasukkan dalam Prolegnas 2015.

RUU Pengampunan Nasional

Pada 6 Oktober 2015, Dodi Reza Noerdin mengusulkan penggunaan hak inisiatif DPR RI atas Rancangan Undang-Undang Pengampunan Nasional dimasukkan dalam Prolegnas 2015.

Tanggapan

Kajian Kebijaksanaan Penambahan Pesawat Garuda Indonesia

29 September 2015 – Menurut Dodi, saat ini tidak ada keselarasan antara runway dan kapasitas pesawat. Runway tidak sanggup untuk menampung pesawat baru untuk rute jarak jauh karena bobotnya yang berat. Dengan kondisi runway seperti itu, Dodi menanyakan apakah ada pengurangan load factor saat terbang atau melakukan sesuatu dengan kondisi runway yang ada, yang akan berdampak pada profitabilitas Garuda Indonesia. Dodi menyarankan untuk men-sinergikan antara Pertamina selaku penyedia avtur dengan Garuda Indonesia sehingga harga avtur yang diberikan bisa lebih ekonomis.

Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Standarisasi Nasional – Tahun 2014

20 Agustus 2015 –  Dodi menyayangkan adanya pos yang realisasi anggarannya hanya 19% dari target. Dodi menegaskan bahwa Komisi 6 siap mendukung program BSN untuk menjadi langkah awal Indonesia menerima produk yang bersertifikasi.

Kesiapan Indonesia Menyonsong MEA 2016

6 April 2015 – Dodi menilai pengamanan pasar dalam negeri masih lemah. Menurut Dodi kalau EU bisa melakukan proteksi untuk pasar mereka kenapa Indonesia tidak melakukan hal yang sama.

Kinerja PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk

1 April 2015 – Dodi fokus kepada Antam. Dodi menggaris bawahi bahwa Penyertaan Modal Negara (PMN) itu dalam Rupiah dan seluruh pembayaran Antam dalam Dollar. Dodi mengacu kepada pemaparan dari Direktur Utama Antam bahwa dari 8 izin ekspor untuk raw material Pemerintah Antam tidak mendapat satupun. Dodi minta klarifikasi kepada Antam apakah pengajuan persetujuan ijin sudah dilakukan dan apabila sudah dimana ‘kemacetan’ atas persetujuan ijin tersebut.

Previous post
Aditya Anugrah Moha
Next post
Dwie Aroem Hadiatie

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *