HomeBeritaPercepat Masuknya Investor Asing, Mukhamad Misbakhun Dukung Pembuatan Pulau Tax Haven

Percepat Masuknya Investor Asing, Mukhamad Misbakhun Dukung Pembuatan Pulau Tax Haven

[checklist][/checklist]

Jakarta – Rencana Presiden Jokowi untuk membuat pulau tax haven di Indonesia mendapat dukungan penuh dari anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun.
Menurut Misbakhun, apabila pembuatan pulau tersebut terealisasi maka dapat mempercepat masuknya investasi, khususnya investasi asing.

“Ini ide positif untuk Indonesia. DPR khususnya Fraksi Golkar siap membantu mewujudkan gagasan tersebut,” ujar di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (12/08/2016).

Misbakhun menambahkan, ide membuat pulau tax haven sebenarnya sudah disuarakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat masih menjabat sebagai menteri keuangan.

Kala itu kata Misbakhun, Bambang ingin membentuk offshore financial center (OFC). Dengan adanya OFC tersebut, para investor asing bisa membuka perusahaan cangkang di pulau tax haven.

“Sehingga, tidak perlu membuka di negara-negara lain,” jelasnya.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, pembentukan pulau suaka pajak merupakan sesuatu yang lumrah. Misbakhun mencontohkan negara tetangga, seperti Malaysia, bahkan sudah lebih dahulu memiliki pulau tax haven di Labuan.

“Kalau Singapura malahan negaranya yang jadi tax haven, bukan cuma satu pulau,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Misbakhun mengatakan, pemerintah harus benar-benar memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai pulau tax haven. Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Salahsatunya adalah pulau tersebut harus benar-benar bisa menjadi tempat investasi yang menarik.

“Infrastrukturnya harus siap dan harus modern,” tandasnya.

Sebelumnya, saat berbicara di Semarang, Presiden mengatakan, pemerintah sedang mengkaji pengembangan salah satu pulau Indonesia sebagai tax haven seperti halnya Labuan di Malaysia.

“Kita juga punya pulau banyak, buat satu pulau untuk tax haven, kenapa tidak, misalnya. Ini juga sedang dalam proses semua,” ujarnya.

Kini

Previous post
Setya Novanto Kukuhkan Kepengurusan Golkar Periode 2014-2019
Next post
Sosok Adi Sasono di Mata Ketua Umum Golkar Setya Novanto

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *