HomeBeritaSerahkan Bibit, Mbak Titiek Berharap Gernamcabe Dapat Antisipasi Gejolak Harga

Serahkan Bibit, Mbak Titiek Berharap Gernamcabe Dapat Antisipasi Gejolak Harga

DokCendanaNews3 (1)

SLEMAN — Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Bidang Pertanian Peternakan Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Titiek Soeharto menilai, tingginya harga cabai beberapa waktu belakangan dianggap sudah tidak masuk akal. Melonjaknya harga melebihi harga daging semestinya dapat diantisipasi oleh pemerintah.

“Cabai memang menjadi salah satu komoditi yang kerap mempengaruhi laju inflasi. Hal itu terjadi karena belum adanya kesinambungan antara produksi dan pasokan barang di pasaran. Sementara kebutuhan berlangsung sepanjang tahun,” ujarnya saat melakukan peninjauan dan penyerahan secara simbolis bantuan bibit cabai dan bawang merah pada Dasawisma PKK, dan KWT, termasuk Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) bertempat di Ponpes Musyidul Hadi, Ploso Kuning III, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Sabtu (18/02/2017).

Dikatakan, masalah utama produksi cabai adalah tingginya resiko kegagalan panen karena serangan hama dan penyakit. Dimana hal itu sangat dipengaruhi oleh varietas bibit, cara pemupukan, pengendalian hama drainase hingga pemeliharaan.

Karena itulah peran pemerintah diantaranya melalui BPTP sangat diperlukan untuk memperkecil resiko kegagalan usaha para petani tersebut. Baik melalui pemilihan teknologi yang tepat, maupun pendampingan secara terus menerus.

“Gerakan menanam cabai diperlukan agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan di tingkat keluarga sehari-hari. Dengan begitu kebutuhan di pasaran paling tidak akan berkurang. Masyarakat juga tidak akan terlalu panik apabila harga melambung tinggi. Laju inflasi juga akan bisa ditekan. Selain itu masyarakat juga akan bisa mendapat tambahan penghasilan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPTP DIY Joko Pramono mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 500 ribu bibit cabai gratis untuk diberikan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai bagian program pemerintah menggalakkan penanaman cabai di setiap pekarangan rumah. Pihaknya sendiri sampai saat ini telah berkerjasama dengan Tim Penggerak PKK DIY untuk menyalurkan bantuan tersebut.

“Kita sudah menandatangani kerjasama pendampingan sekaligus menyalurkan sebanyak 25 ribu bibit cabai kepada Tim Pengerak PKK DIY beberapa waktu lalu. Dengan Iwapi untuk tahap pertama disiapkan 15ribu bibit. Jika kurang nanti bisa ditambah. Kita juga siap membantu untuk mendampingi pengolahan hasil dan pasca panen. Yakni terkait pengawetan atau pengolahan hasil panen cabai menjadi produk olahan seperti saos dan lain-lain,” katanya.

DokCendanaNews

Cendananews

Previous post
Golkar Ingatkan Partai Pendukung Ahok-Djarot Jangan Mudah Diadu Domba
Next post
Golkar Gelar Seminar APBN, Sri Mulyani Jadi Pembicara

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *